OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Jumat, 19 Juli 2013

Agama Hindu Dharma - Keunggulan Hindu

Hindu Dharma - Keunggulan Hindu

Umat Hindu Indonesia. Keunggulan Hindu
Banyak mungkin orang yang beragama lain mencemooh kita sebagai umat hindu, secara memang umat hindu di indonesia hanya mencapai 15 % penduduk Indonesia. Sangat jauh jika kita bandingkan dengan umat Islam yang mencapai 75%. Untuk itulah postingan saya kali ini akan membahas Keunggulan Umat Hindu dibandingkan dengan Umat-umat lainnya.

1. Keselarasan
    mengapa saya taruh keselarasan menjadi keunggulan Hindu yang pertama??jawabannya sangat simple, itu karena Hindu merupakan Agama yang sangat menjujung tinggi keselarasan dalam hidup. Baik keselarasan beragama maupun keselarasan dengan Alam. Dalam Ajaran Hindu dikenal adanya istilah Tri Hita Karana , Apakah Tri Hita Karana itu??Tri yang berarti tiga, Hita yang bermakna Kebahagiaan, dan Karana yang artinya Penyebab. Jadi bisa kita simpulkan bahwa Tri Hita Karana Merupakan tiga penyebab kebahagiaan. Saya tidak akan panjang lebar menjelaskan bagian dari tri hita karana tersebut, karena sudah banyak refrensi yang membahas mengenai itu. Jadi apa hubungan nya keselarasan dengan Tri Hita Karana??Tri Hita Karana Merupakan suatu ajaran yang sangat menjaga keselarasan hidup umat Hindu, Mengapa??karena Tri Hita Karana Mengajarkan kita untuk selaras dengan Alam, Selaras dengan sesama manusia, serta kita diajarkan untuk selaras dengan sang Pencipta.

2. Ikut Dalam Menyelamatkan Dunia
   Masyarakat Hindu di Bali setiap Tilem Kesanga, menjalani Hari Besar yang sangat Suci, yakni NYEPI. dalam perayaan pergantian tahun baru caka itu, tidak akan dilihat kemeriahaan seperti tahun-tahun baru umat lain. Umat hindu akan sangat khusuk dalam melakukan Tapa Brata Penyepian atau yang umum dikenal sebagai pantangan-pantangan yang harus dihindari. sekarang apa hubungan nya dengan penyelamatan dunia??disaat nyepi itulah sesunggguh nya Umat hindu ikut serta dalam menyelamatkan dunia dari isu pemanasan global yang belakangan ini menyeruak di berbagai Negara. Disaat umat hindu melakukan tapa brata penyepian, segala aktivitas dihentikan total, tidak ada lagi asap dari kendaraan bermotor yang mencemari udara setiap hari. Pertamina dan PLN sangat bangga dengan Perayaan Nyepi, karena mereka dapat menghemat disaat Umat Hindu melaksanakan Nyepi.

3. Memiliki keakuratan penanggalan
    Sudah tidak diragukan lagi para cendekiawan-cendekiawan Hindu sangat mahir dalam penanggalan, maka tidak akan heran jika kita tidak pernah ribut dalam menentukan hari besar umat hindu. kita bisa lihat dari umat lain yang masih sangat sering berbeda pandangan mengenai menentukan hari besarnya sendiri. Kita harus bangga menjadi umat Hindu yang tidak seperti anak kecil hanya dalam menentukan hari suci masih berbeda keyakinan.

4. Istilah Hindu Dipakai di Negara Mayoritas Muslim
    Istilah-istilah Hindu baik dari bahasa sanskerta ataupun bahasa kawi sangat banyak digunakan oleh instansi-instansi pemerintahan di Indonesia. Walaupun mayoritas Agama di Indonesia adalah Islam, namun mereka tidak sadar jika tetap menggunakan istilah-istilah Hindu. Sebut saja PARI PURNA , dalam sidang di DPR maka kita akan sering kali mendengar kalimat itu. kalimat PARI PURNA itu memiliki makana yang sempurna ataupun paling sempurna. Bhineka Tunggal Ika menjadi istilah yang kedua yang dipakai di Indonesia, dan yang sangat membuat kita bangga sebagai umat Hindu adalah Kalimat Bhineka tunggal Ika tersebut menjadi lambang dari bangsa Indonesia. Bhineka TunggaL Ika yang memiliki arti "berbeda-beda tetapi tetap satu jua" sudah dikenal dari zaman kerajaan Maja Pahit yang terdapat juga dalam bahasa sansekerta.  Pancasila sudah tidak asing lagi kita dengar, pancasila merupakan lima sikap atau pedoman perilaku dalam berbangsa dan bernegara. Istilah ini sebenarnya sudah ada ber abad-abad yang lalu, namun soekarno melihat bahwa pancasila ini cocok untuk menjadi pedoman dalam perilaku berbangsa dan bernegara sehingga soekarno saat itu mencetuskan ide untuk menjadikan Pancasila menjadi sebuah pedoman untuk berbangsa.

sumber : http://hindu-akan-ada-selamanya.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Berita Terkait Semangat Hindu



Artikel Agama Hindu

108 Mutiara Veda Agama Hindu Dharma agama islam Ajaran Hindu Arya Wedakarna Atharvaveda Balipost Belajar dari Sejarah Bhagavadgita Bhagawan Wiyasa Brahmana Cendekiawan Hindu Dharma Doa Anak Hindu Doa Melayat Orang Meninggal Dunia Doa Mengheningkan Cipta Doa Mengujungi Orang Sakit Doa Mohon Ketengangan dalam Keluarga Durga Puja Evolusi Melalui Reinkarnasi & Karma Eyang Roro Anteng Ganesha Chaturthi Gayatri Mantram Hari Raya Galungan Hari Raya Nyepi Hari Raya Saraswati Hindu Agama Terbesar di Dunia Hindu Bali Hindu Banten Hindu Batam Hindu Bogor Hindu Ciledug Hindu Festival Hindu German Hindu India Hindu Jakarta Hindu Jawa Hindu Jawa Barat Hindu Jawa Tengah Hindu Jawa Timur Hindu Jogjakarta Hindu Kaharingan Hindu Kalimantan Hindu Klaten Hindu Kresna Hindu Malang Hindu Maluku Hindu Nepal Hindu Palembang Hindu Papua Hindu Pekanbaru Hindu Pematangsiantar Hindu Sulawesi Hindu Sulawesi Tengah Hindu Tengger Hinduism Facts Hinduism the Greatest Religion in the Word Hukum Karma Ida Pedanda Gede Made Gunung Implikasi Keyakinan Atas Prilaku Joko Seger Juan Mascaro Kasada Kebangkitan Hindu Kemenag ki nirdon Kitab Suci Veda Kuil Mariaman lontar Mahabharata Ramayana Mantra Meditasi Matahari Terbit Moksha Motivasi Hindu Mpu Jayaprema Mundakopanisad nakbalibelog Nirukta pandita Pasraman Pitra Yadnya Ngaben Principle Beliefs of Hinduism Pujawali Pujawali Pura Hindu Pura Agung Blambangan Pura Agung Raksa Buana Pura Dharma Sidhi Pura Giri Kusuma Pura Kerta Buana Giri Wilis Pura Mandara Giri Semeru Agung Pura Sangga Buwana Hamburg renungan suci Rgveda Rig Weda sad guru Samaveda Semangat Hindu Swami Harshananda Swami Vivekananda Tanya Jawab Hindu Tirtayatra Tuhan Krishna tutur Upanisad Upanisad Himalaya Jiwa Vasudhaiva Kutumbakam Veda Veda Sabda Suci wija kasawur