OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Kamis, 11 Juli 2013

Hari Raya KARO Umat Hindu Tengger

Hari Raya KARO  Umat Hindu Tengger

Umat Hindu Tengger. Hari Raya KARO merupakan upacara keagaam Agama Hindu dan bukan merupakan upacara Adat Istiadat, hal ini sudah terbukti dengan adanya prasasti Walandit yang menyebutkan bahwa pada waktu sebelum dan sesudah kerajaan majapahit Gunung Bromo merupakan dan sudah mejadi tempat fokus pemujaan Kepada Shang Swayambu (Dewa Brahma) serta merupakan Tanah Hila-Hila (Tanah Suci) yang di huni oleh Ulun Hyang (Resi / Abdi Dewata) yang sebelumnya bernama " Rata Cemara Sewu "

KARO (Pawedalan jagad): yaitu dua unsur (Purusa dan prakerti) / unsur penyebab kehidupan di dalam alam semesta. Dalam melaksanakan upacara karo Umat Hindu Tengger membuat sesaji salah satunya adalah "PETRA" (Leluhur) / Pitra dimana upacara ini di pimpin oleh Dukun Pandhita dan di laksaksanakan di setiap rumah Umat Hindu Tengger.

Salah satu rangkaian Sesaji ini terlihat bahwa semua upacara yang ada di tengger merupakan upacara Agama Hindu dan bukan merupakan upacara Adat, yaitu Ngentas Leluhur yang di simbulkan dengan " Petra" dengan tujuan yaitu "ngentas" / yadnya suci kepada Leluhur. Dalam Agama Hindu mengenal PITRA YADNYA (persembahan tulus ikhlas kepada para Leluhur), tidak hanya itu fungsi dari upacara karo ini adalah memuliakan Leluhur Umat Hindu Tengger terutama EYANG RORO ANTENG DAN JOKO SEGER

sumber : http://hindutengger.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?
Bagaimana jika ada sebuah #software yang bisa membuat #robot secara instant dan menghasilkan uang untuk Anda

Berita Terkait Semangat Hindu