OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Minggu, 28 Juli 2013

Pura Wuar Masbaat Tanimbar Kei Maluku Tenggara


Umat Hindu Maluku. Pura Wuar Masbaat yang berlokasi di desa Tanimbar Kei, kecamatan Kei Kecil Barat, Kabupaten Maluku Tenggara, Propinsi Maluku. Desa Tanimabar Kei  yang letaknya cukup jauh dan terpencil dari ibu kota Kecamatan maupun kota Kabupaten Maluku Tenggara dengan penduduknya yang masih memeluk agama Hindu senantiasa  mempertahankan sejarah dan adat istiadat di desa Tanimbar Kei.

Atas asungkerta waranugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa ( Tuhan Yang Maha Esa ) pada tanggal 27 Agustus 2007 telah dilaksanakan peletakan batu pertama untuk pembangunan Pura WUAR MASBAAT di desa Tanimbar Kei oleh Pembimbas Hindu Dharma Propinsi Maluku.
Pura Wuar Masbaat merupakan pusat peribadatan kepada Ida Sang  Widhi Wasa. Pura Wuar Masbaat juga sebagai tempat pembinaan dan peningkatan Sradah dan bhakti kepada Sang Widhi Wasa terutama bagi anak-anak dan Remaja Generasi Penerus. Pura Wuar Masbaat juga merupakan sumber Inspirasi penggerak persatuan dan kesatuan serta Kemaslahatan yang kondisi masyarakat desa Tanimbar Kei pada umumnya Tani dan nelayan.

ARTI DARI NAMA WUAR MASBAAT            
Wuar Masbaat adalah nama sebuah Gunung Ajaib yang terletak di pusat desa Tanimbar Kei  yang biasa di lihat pada waktu tertentu “ BAGI UMAT YANG DIANGGAP SUCI DAN BERSIH “ dan tidak bisa dilihat oleh sembarang orang. Wuar adalah gunung, Masbaat adalah nama, jadi Wuar Masbaat adalah “Gunung  Masbaat “

Rasa percaya diri dan kekutan spritual mulai bangkit di dalam diri umat Hindu di desa ini. Kalimat-kalimat yang menyindir dan menyudutkan umat Hindu di desa ini tidak terdengar dan tidak terlihat lagi. Proses ritual tradisi berjalan dengan sangat hikmat karena di topang dengan kehadiran pura Wuar Masbaat sebagai semangat spritual keagamaan.

(RANBB)

1 komentar:

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?
Bagaimana jika ada sebuah #software yang bisa membuat #robot secara instant dan menghasilkan uang untuk Anda

Berita Terkait Semangat Hindu