OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Rabu, 31 Juli 2013

Sarjana Hindu Blitar Semangat Susun “Database” Hindu Majapahit

Bupati Resmikan The Hindu Center of Blitar

CITA–CITA leluhur Hindu Nusantara dan harapan dari jutaan umat Hindu Indonesia akan disusunnya Ensiklopedi Hindu Nusantara tahun 2020, tampaknya segera menjadi kenyataan. Hal ini tengah diwujudkan oleh Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III (President The Hindu Center Of Indonesia) dengan diresmikannya The Hindu Center Of Blitar, Jawa Timur.

Peresmian THCI Blitar tersebut langsung dihadiri H. Herry Noegroho, S.E., M.H. (Bupati Blitar) dan jajaran Pemerintah Kabupaten Blitar. Selain itu hadir sejumlah tokoh Hindu yakni Endang Sri (Ketua PHDI Blitar), Pandito Hindu Blitar dan sejumlah tokoh pemuda Hindu.

Dalam sambutannya Bupati Blitar merasa bangga jika di wilayahnya hadir sebuah organisasi intelektual yang diharapkan mampu bersinergi dengan pemerintah kabupaten. Hal senada disampaikan Endang Sri, yang menyatakan THCI Blitar akan segera menyusun database Hindu Blitar yang nantinya akan diterbitkan oleh THCI Pusat.

''Kami sebagai generasi muda Hindu Blitar sangat bangga, tokoh kami di Bali masih peduli dengan masa depan Hindu Blitar. Kami siap bersinergi dalam berjuang untuk mengejar ketertinggalan,'' ungkap Sunarno, S.Pd.H (Direktur The Hindu Center Of Blitar).

Dalam kesempatan itu disampaikan sejumlah motivasi oleh pendiri sekaligus President THCI, Dr. Arya Wedakarna agar umat Hindu di Jawa menanamkan rasa jengah dan kesetiaan dalam beragama Hindu. ''Saya bangga, di Blitar umat Hindu asli Jawa menjadi mayoritas kedua. Ini berarti, Majapahit belum hancur dan hilang. Terbukti saudara–saudara setia beragama Hindu selama 500 tahun pasca Sandyakalaning Majapahit. Itu harus terus didokumentasikan dan disebarkan, bagaimana strategi leluhur saudara bisa setia, bertahan dan bisa Berjaya terhadap Hindu Nusantara. Semuanya akan masuk dalam Ensiklopedi Hindu dari Sabang sampai Merauke yang akan saya tuntaskan tahun 2020. Ini sesuai dengan amanat Bung Karno sebagai penggali Pancasila, bahwa Indonesia ini dipenuhi oleh budaya Sansekerta dan budaya Hindu,'' ujar Wedakarna yang juga Rektor Unmar itu.

Apa yang akan dilakukan THCI Blitar dalam waktu dekat? ''Saya berikan waktu sampai akhir tahun, agar buku Seri Pertama Sejarah Hindu Blitar ini tuntas. Nanti kita sebarkan ke seluruh Blitar dan Jawa Timur. Selain itu, saya dukung program Bupati Blitar yang akan mengadakan Festival Candi di Blitar, ini untuk mengingatkan kejayaan Majapahit di Blitar. Jangan lupa, Blitar memiliki Candi Penataran, yang dipercaya sebagai perabuan Ratu Majapahit Tri Bhuwana Tungga Dewi (Ibunda Raja Hayam Wuruk). Blitar juga jadi tempat Makam Prokmalator Bung Karno. Ayo kita bangkitkan Sabdo Palon Nayogenggong,'' ujar President The Sukarno Center ini.

http://www.balipost.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?
Bagaimana jika ada sebuah #software yang bisa membuat #robot secara instant dan menghasilkan uang untuk Anda

Berita Terkait Semangat Hindu