OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Rabu, 17 Juli 2013

Umat Hindu Luwu Timur Melaksanakan Pitra Yadnya Ngaben

Lutim Kembali Gelar Ngaben Massal
Krama Desa Cendana Hitam, Tomoni Timur, Kabupaten Luwu Timur kembali menggelar ngaben massal untuk yang ketiga kalinya, rabu (17/07/2013).

Pada kegiatan ngaben massal ini sebanyak 56 jenazah yang diaben. Hadir dalam acara ini Ketua Parisada Hindu Dharma Kabupaten Luwu Timur, Wayan Sudiarsa dan umat Hindu dari Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara serta warga Hindu se-Luwu Timur.

Upacara Pitra Yadnya atau Ngaben Massal III di desa Cendana Hitam ini merupakan peringatan upacara penyucian atma (roh) yang pertama, sebagai kewajiban umat Hindu kepada leluhurnya dengan melakukan upacara pembakaran jenazah. Makna upacara ini adalah mengantar kerabat yang meninggal agar bisa berjalan lancar dalam kehidupan di alam lain setelah hidup di dunia ini.

Sementara itu dalam sambutannya Wakil Bupati Luwu Timur HM Thorig Husler menyampaikan apreisasi yang sebesar-besarnya untuk terselenggaranya acara ini. Meski dalam suasana duka perayaan ini menjadi momentum untuk merajut persaudaraan, membangun silaturahmi dan merekatkan hubungan sosial dengan seluruh lapisan masyarakat. Menurutnya upacara ritual ini menjadi keunikan dan kemajemukan sehingga  memperkaya khasanah dan kebudayaan masyarakat yang dapat dikembangkan untuk menunjang potensi kepariwisataan Luwu Timur.

sumber: http://makassar.tribunnews.com/2013/07/17/lutim-kembali-gelar-ngaben-massal

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?
Bagaimana jika ada sebuah #software yang bisa membuat #robot secara instant dan menghasilkan uang untuk Anda

Berita Terkait Semangat Hindu