OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Rabu, 07 Agustus 2013

Gusti Wedakarna Resmikan ''The Hindu Center of Blambangan''

Gusti Wedakarna Resmikan ''The Hindu Center of Blambangan'' di Pura Giri Purwa Wasesa, Banyuwangi.
Segera, Diluncurkan Buku “Database” Hindu Blambangan


CITA–CITA leluhur Hindu Nusantara dan harapan dari jutaan umat Hindu Indonesia, akan disusunnya Ensiklopedi Hindu Nusantara tahun 2020 tampaknya segera menjadi kenyataan. Hal ini tengah diwujudkan oleh Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III (President The Hindu Center Of Indonesia), dengan diresmikannya ''The Hindu Center Of Blambangan'' di Banyuwangi, Jatim.

Peresmian sebuah lembaga berbasis Hindu di tanah Jawa ini pun menuai pujian dari banyak pihak, utamanya keberanian dari warga Hindu Banyuwangi untuk menunjukkan eksistensi. Hal tersebut terekam dalam peresmian ''The Hindu Center of Blambangan'' yang dilaksanakan di wantilan Pura Giri Purwa Wasesa, Banyuwangi.

''The Hindu Center Of Blambangan” ini adalah 'The Hindu Center' yang paling strategis dari pendataan sejarah Hindu di Nusantara. Karena Blambangan menjadi saksi peralihan dari kejayaan Hindu (Blambangan ) ke era Islam (Banyuwangi) pada akhir Sandyakalaning Majapahit. Di sini lah jadi saksi dari terbujuknya Prabu Brawijaya V sebagai Raja Majapahit terakhir untuk pindah agama. Namun, saat itulah ketegasan akan kebangkitan Hindu Indonesia mulai dimunculkan dengan dialog Sabdo Palon Nayogenggong yang memastikan bahwa 500 tahun sejak saat itu, maka Hindu Nusantara, Majapahit akan bangkit kembali. Dan, yang paling siap mengawal kebangkitan Hindu Nusantara adalah umat Hindu Blambangan. Kebangkitan yang dimaksud adalah kebangkitan indetitas, ajaran leluhur dan kualitas Hindu Dharma. Untuk itulah, gunanya ada The Hindu Center untuk mengawal secara akademis perubahan–perubahan zaman ini,'' ujar Dr. Arya Wedakarna didampingi Hendra Wedayanto, S.Pdh.

Ia juga menyakinkan saat ini banyak pihak ingin membelokkan sejarah agama Hindu di Tanah Jawa, termasuk pembelokan sejarah tentang Majapahit, tentang Alas Purwo dan sejarah Blambangan itu sendiri. ''Saat ini, tugas dari 1,1 Miliar Hindu Dunia untuk mengawasi pelurusan sejarah Hindu di seluruh dunia, termasuk di Nusantara. Saya perhatikan banyak sejarah Hindu ditulis secara tidak fair. Oleh karena itu, para sarjana dan magister Hindu harus sesegera mungkin membangun database yang jujur, apa adanya dan terbuka demi ilmu pengetahuan. Saya kira, banyak sejarah bangsa Indonesia ini yang telah dibelokkan oleh mereka yang anti Pancasila, dan tentu harus kita lawan dengan kecerdasan,'' tegas Rektor Unmar ini.

''Saat ini, Tim dari Fakultas FISIP Unmar bekerja sama dengan Vivekananda Spirit Indonesia (VSI) telah merampungkan penelitian tentang Hindu Blambangan. Sebelum akhir tahun akan kita luncurkan buku database Hindu ini. Ini akan membuka hati dan mata bahwa ternyata ada puluhan ribu umat Hindu suku asli Jawa yang masih setia dengan budaya, agama dan tradisinya. Dunia harus tahu, bahwa Hindu tidak hanya sekadar di Pulau Bali, tapi ada Hindu Nusantara,'' pungkas President World Hindu Youth Organization (WHYO).

sumber : http://www.balipost.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Berita Terkait Semangat Hindu



Artikel Agama Hindu

108 Mutiara Veda Agama Hindu Dharma agama islam Ajaran Hindu Arya Wedakarna Atharvaveda Balipost Belajar dari Sejarah Bhagavadgita Bhagawan Wiyasa Brahmana Cendekiawan Hindu Dharma Doa Anak Hindu Doa Melayat Orang Meninggal Dunia Doa Mengheningkan Cipta Doa Mengujungi Orang Sakit Doa Mohon Ketengangan dalam Keluarga Durga Puja Evolusi Melalui Reinkarnasi & Karma Eyang Roro Anteng Ganesha Chaturthi Gayatri Mantram Hari Raya Galungan Hari Raya Nyepi Hari Raya Saraswati Hindu Agama Terbesar di Dunia Hindu Bali Hindu Banten Hindu Batam Hindu Bogor Hindu Ciledug Hindu Festival Hindu German Hindu India Hindu Jakarta Hindu Jawa Hindu Jawa Barat Hindu Jawa Tengah Hindu Jawa Timur Hindu Jogjakarta Hindu Kaharingan Hindu Kalimantan Hindu Klaten Hindu Kresna Hindu Malang Hindu Maluku Hindu Nepal Hindu Palembang Hindu Papua Hindu Pekanbaru Hindu Pematangsiantar Hindu Sulawesi Hindu Sulawesi Tengah Hindu Tengger Hinduism Facts Hinduism the Greatest Religion in the Word Hukum Karma Ida Pedanda Gede Made Gunung Implikasi Keyakinan Atas Prilaku Joko Seger Juan Mascaro Kasada Kebangkitan Hindu Kemenag ki nirdon Kitab Suci Veda Kuil Mariaman lontar Mahabharata Ramayana Mantra Meditasi Matahari Terbit Moksha Motivasi Hindu Mpu Jayaprema Mundakopanisad nakbalibelog Nirukta pandita Pasraman Pitra Yadnya Ngaben Principle Beliefs of Hinduism Pujawali Pujawali Pura Hindu Pura Agung Blambangan Pura Agung Raksa Buana Pura Dharma Sidhi Pura Giri Kusuma Pura Kerta Buana Giri Wilis Pura Mandara Giri Semeru Agung Pura Sangga Buwana Hamburg renungan suci Rgveda Rig Weda sad guru Samaveda Semangat Hindu Swami Harshananda Swami Vivekananda Tanya Jawab Hindu Tirtayatra Tuhan Krishna tutur Upanisad Upanisad Himalaya Jiwa Vasudhaiva Kutumbakam Veda Veda Sabda Suci wija kasawur