OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Jumat, 02 Agustus 2013

Pujawali Pura Mandara Giri Semeru Agung Lumajang Jatim

Umat Hindu Lumajang. Pujawali Pura Mandara Giri Semeru Agung yang jatuh pada Purnamaning Sasih Kasa telah dilaksanakan oleh umat Hindu dengan perpaduan budaya Bali dan Jawa Timur.


Ritual Pujawali umat Hindu di Pura Mandara Giri Semeru Agung di Lumajang, memadukan dua budaya dan tradisi Jawa-Bali yang membuat upacara itu tambah unik namun tetap sakral. Lebih dari 230 umat Hindu melakukan perjalanan suci untuk ritual Pujawali itu. Menurut sebagian umat Hindu di Indonesia, Sang Hyang Pasupati yang beristana di pura itu, telah berjasa mengajegkan atau menegakkan dan mengokohkan Pulau Dewata, dengan memberikan sebagian puncak Semeru sebagai penyeimbang di Bali.  Puncak gunung itu kini dipercaya merupakan Gunung Agung yang berada di Kabupaten Karangasem, Bali.

Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Lumajang, Jawa Timur salah satu dari sejumlah Pura Khayangan Jagat Bali yang memiliki hubungan spiritual dengan Pura Besakih di Karangasem, Bali. Setiap nangkil ke Pura Mandara Giri Semeru Agung umat Hindu yang datang dari Bali dipastikan akan nangkil ngaturang bakthi di Pura Agung Blambangan di Banyuwangi.

Serangkaian dengan pelaksanaan karya di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Lumajang Jawa Timur, Pemprov Bali Gubernur Bali , Pemkab Gianyar, Pemkab Tabanan, Pemkab Karangasem,  melaksanakan bhakti penganyaran.
Upacara diawali dengan menggelar upacara ngaturang prayascita, natab paryascita dan natab pabyakaonan, yang dilanjutkan dengan ngaturan banten nganyarin. Bhakti penganyaran dipuput oleh Ida Pedanda Gede Dwija Putra dari Gria Peling Baturiti Tabanan

Dari berbagai sumber. (RANBB)

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?
Bagaimana jika ada sebuah #software yang bisa membuat #robot secara instant dan menghasilkan uang untuk Anda

Berita Terkait Semangat Hindu