OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Rabu, 07 Agustus 2013

Pura Darma Winanjaya Umat Hindu Klaten

Melaspas : Ritual Penyucian Bangunan Umat Hindu


Ratusan umat Hindu dari berbagai daerah berdatangan dengan membawa sesaji berupa hasil bumi ke Pura Darma Winanjaya. Prosesi upacara melaspas pura atau pembersihan bangunan  diawali dengan ritual medak betara, upacara caru, persembahyangan dan pembagian tirta suci. Lantunan mantram suci yang diiringi kidung suci sarat dengan musik gamelan menciptakan suasana sakral upacara berlangsung.

Untuk menyemarakkan upacara melaspas pura ini juga digelar berbagai kesenian tradisional yakni seni tari dan karawitan. Upacara melaspas pura bertujuan membersihkan dan menyucikan bangunan yang baru selesai  dibangun atau baru ditempati kembali. Upacara ini wajib dilakukan oleh umat Hindu  dan sudah menjadi tradisi secara turun temurun hingga saat ini. Kegiatan upacara ini diadakan agar orang yang akan menempati bangunan tersebut merasa tentram, kerasan dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Dalam upacara ini diperlukan berbagai sesaji berupa hasil bumi. Selanjutnya sesaji ini ditempatkan diberbagai sudut bangunan yang dianggap suci. Kegiatan ini ditutup dengan upacara nuntun yakni prosesi pembersihan tempat suci yang nantinya akan digunakan sebagai tempat ibadah umat serta prosesi memercikan air suci.

sumber : http://manteb.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?
Bagaimana jika ada sebuah #software yang bisa membuat #robot secara instant dan menghasilkan uang untuk Anda

Berita Terkait Semangat Hindu