OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Selasa, 24 September 2013

Saivisme, Sekta Saiva di Indonesia

Sekta Saiva merupakan sekta yang terpenting dan paling banyak pengaruhnya di Indonesia. Candi-candi besar yang ada di Indonesia sebagian besar merupakan warisan pemikiran dari sekta Siva. Sekta ini memiliki 28 kitab agama dan kamika agama yang dianggap paling penting.

Agama adalah dasar bagi semua perkembangan Saivisme di mana saja. Saivisme di Kashmir dikenal dengan Saivakasmira berkembang di India Utara sedang yang berkembang di Selatan dikenal dengan Saiva Siddhanta. Sekta Saivisme di India Utara dikenal pula dengan nama Pratibhijna yang berkembang sampai ke wilayah-wilayah bekas kerajaan dari maharaja Kaniska di sekitar awal Masehi. Ajaran agama ini berkembang pula ke daratan Tiongkok dan selanjutnya berkembang sampai ke Indonesia bersamaan dengan kedatangan bangsa China di Indonesia.

Di dalam sekta Saiva ini, pegangan utamanya bukan hanya kitab-kitab agama, tetapi juga kitab-kitab Veda (Sruti) dan Smrti (dharmasastra). Agak berbeda sedikit dengan sekta Vaisnava. Tiap agama dalam sekta Saiva dianggap mempunyai upagama seperti halnya upaveda untuk tiap kitab Veda (Sruti). Untuk sekta Saiva, pusat perhatiannya adalah kepada Siva dan agama Siva terbuka bagi setiap orang (varna dan profesi seseorang dalam masyarakat), termasuk juga tidak membeda-bedakan pengikut laki-laki atau perempuan, termasuk pula untuk menjadi Pandita (Dvijati). Sebagai akibat dari sistem sosial ini, ajaran agama tidak menekankan kepada Catur Varna seperti halnya sistem Brahmaisme yang justru menekankan arti dan fungsi seseorang dalam Catur Varna. Saivisme merupakan jalan tengah antara sekta Vaisnava dengan Brahmaisme.

Buku Veda Sabda Suci Pedoman Praktis Kehidupan, I Made Titib (RANBB)



0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?
Bagaimana jika ada sebuah #software yang bisa membuat #robot secara instant dan menghasilkan uang untuk Anda

Berita Terkait Semangat Hindu