OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Senin, 07 Oktober 2013

Memilih Agama Baru

Seorang raja di negara yang sangat demokratis akan mencarikan jodoh buat putrinya yang sangat cantik. Kemudian beliau mengadakan sayembara pemilihan laki-laki tertampan di dunia yang akan dijadikan menantu kerajaan untuk putri kesayangannya.

Kemudian diselenggarakan audisi ke semua negara di dunia untuk mencari nominasi yang boleh mengikuti sayembara. Yang memenuhi syarat boleh mengikuti seleksi lebih lanjut.
Seleksi lebih lanjut dilakukan amat ketat. Aspek yang diuji meliputi kemampuan kecerdasan (brain), perilaku (behavior) dan ketampanan (beauty). Pada babak penyisihan terakhir dilakukan oleh tim penguji dari pakar berbagai bidang seperti pakar IT, pakar ketampanan, psikologi, dan bintang film terkenal. Kemudian didapatkan tiga nominasi.

Pada puncak grand final dimenangkan oleh orang asing yang ternyata belum memeluk agama. Sebagai menantu seorang raja terkenal, sebelum upacara pernikahan dilangsungkan, setiap warga wajib memeluk salah satu agama yang ada di negara itu.

Akhirnya raja mengundang semua pemimpin agama di negara itu untuk menjelaskan dan menyarankan agar memilih salah satu agama yang akan menjadikan keyakinannya.
Pertama pemimpin agama A menjelaskan pentingnya mempelajari agama yang sarat ritual dan upacara untuk dianut. Apalagi di kerajaan ini sering mengadakan ritual kerajaan. Dengan seringnya mengadakan ritual niscaya kelak bisa masuk sorga ketika ajal menjemputnya.
Besoknya pemimpin agama B datang menjelaskan bahwa dengan hanya merenung dan mengendalikan didi akan bisa tahu jati diri kita yang sebenarnya, sehingga nanti saat akan kembali ke dunia akhirat pasti bisa masuk sorga.
Kemudian pemimpin agama C menjelaskan bahwa hanya dengan bernyanyi dan mengikuti kegiatan agama yang diselenggarakan di hotel dan gedung mewah nanti arwahnya akan bisa menuju istana sorga ketika hari penghakiman tiba.
Kemudian agama terakhir menjelaskan bahwa dengan menegakkan keadilan serta berjuang atas nama kebenaran sesuai amanah kitab suci adalah jalan terbaik untuk bisa diterima di sisi-Nya. "Agama kamilah yang paling sempurna guna mengantarkan arwah kita bisa masuk sorga, yang lainnya tidak". imbuhnya menegaskan.

Mendapat penjelasan dari semua pemimpin agama yang mengatakan masing-masing agama mereka yang terbaik dan semuanya bisa masuk sorga, malah ia menjadi bingung.
Akhirnya ia mendatangi seorang spiritual yang amat bijaksana dan menanyakan agama yang mana sebaiknya ia pilih ?

Orang spiritual itu kemudian memberikan nasihat,"Anakku, semua agama itu baik yang bisa mengantarkan kamu ke sorga. Namun yang paling baik, pilihlah agama yang bisa membuat kamu selalu berbuat kebajikan, baik untuk diri sendiri, untuk agamamu maupun untuk umat diluar keyakinanmu. Tujuan utama agama ialah menjadikan dirimu orang mulia, yaitu bisa membuat banyak orang mau berbuat baik dan membuat dunia ini damai. Maka saat memberikan pertolongan kepada umat manusia bicaralah kemuliaan, kurangi berbicara agama, sehingga kamu tidak canggung memberikan pertolongan terutama kepada yang beda dengan keyakinanmu. Ingatlah bahwa kebaikan ada di semua agama, karena setiap agama pasti mengajarkan kemuliaan. Kemuliaan itu tidak dibatasi keyakinan atau agama."

Salam Senyum. Memang baik jadi seorang agamawan, tetapi paling baik menjadi orang mulia. Buku Senyum Ya, Tersenyumlah, oleh Arsiawan Adi. (RANBB)



0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Berita Terkait Semangat Hindu



Artikel Agama Hindu

108 Mutiara Veda Agama Hindu Dharma agama islam Ajaran Hindu Arya Wedakarna Atharvaveda Balipost Belajar dari Sejarah Bhagavadgita Bhagawan Wiyasa Brahmana Cendekiawan Hindu Dharma Doa Anak Hindu Doa Melayat Orang Meninggal Dunia Doa Mengheningkan Cipta Doa Mengujungi Orang Sakit Doa Mohon Ketengangan dalam Keluarga Durga Puja Evolusi Melalui Reinkarnasi & Karma Eyang Roro Anteng Ganesha Chaturthi Gayatri Mantram Hari Raya Galungan Hari Raya Nyepi Hari Raya Saraswati Hindu Agama Terbesar di Dunia Hindu Bali Hindu Banten Hindu Batam Hindu Bogor Hindu Ciledug Hindu Festival Hindu German Hindu India Hindu Jakarta Hindu Jawa Hindu Jawa Barat Hindu Jawa Tengah Hindu Jawa Timur Hindu Jogjakarta Hindu Kaharingan Hindu Kalimantan Hindu Klaten Hindu Kresna Hindu Malang Hindu Maluku Hindu Nepal Hindu Palembang Hindu Papua Hindu Pekanbaru Hindu Pematangsiantar Hindu Sulawesi Hindu Sulawesi Tengah Hindu Tengger Hinduism Facts Hinduism the Greatest Religion in the Word Hukum Karma Ida Pedanda Gede Made Gunung Implikasi Keyakinan Atas Prilaku Joko Seger Juan Mascaro Kasada Kebangkitan Hindu Kemenag ki nirdon Kitab Suci Veda Kuil Mariaman lontar Mahabharata Ramayana Mantra Meditasi Matahari Terbit Moksha Motivasi Hindu Mpu Jayaprema Mundakopanisad nakbalibelog Nirukta pandita Pasraman Pitra Yadnya Ngaben Principle Beliefs of Hinduism Pujawali Pujawali Pura Hindu Pura Agung Blambangan Pura Agung Raksa Buana Pura Dharma Sidhi Pura Giri Kusuma Pura Kerta Buana Giri Wilis Pura Mandara Giri Semeru Agung Pura Sangga Buwana Hamburg renungan suci Rgveda Rig Weda sad guru Samaveda Semangat Hindu Swami Harshananda Swami Vivekananda Tanya Jawab Hindu Tirtayatra Tuhan Krishna tutur Upanisad Upanisad Himalaya Jiwa Vasudhaiva Kutumbakam Veda Veda Sabda Suci wija kasawur