OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Kamis, 31 Oktober 2013

Pembagian Kitab Suci Weda

Kitab Suci Veda. Wahyu Tuhan yang terhimpun dalam Veda diterima oleh Tujuh (7) Rsi yang dikenal dengan Sapta Rsi. SaptaRsi itu adalah Maharsi Grtsamada, Visvamitra, Vamadewa, Atri, Bharadvaja, Vasistha dan Kanva. Menurut kitab-kitab Purana maupun Manawa Dharmasastra wahyu itu diturunkan bertahap dalam yuga atau jangka waktu tertentu. Pada mulanya Veda diterima secara lisan kemudian diperkenalkan scara lisan pula karena waktu itu belum dikenal tulisan.

Para Rsi penerima wahyu tersebut yaitu :

  1. Maharsi Grtsamada, adalah Rsi yang banyak menerima mantra-mantra Veda terutama Rgveda Mandala II.
  2. Maharsi Visvamitra adalah Rsi yang banyak menerima Rgveda Mangdala III. Sebelum menerima wahyu Visvamitra adalah seorang Ksatrya; putra dari Rsi Musika.
  3. Maharsi Vamadewa adalah penerima wahyu Rgveda Mandala IV. Dalam kitab Purana diceritakan bahwa Vamadewa sempat mengadakan dialog dengan Dewa Indra dan Aditi. Maharsi Vamadewa selagi beliau masih muda mampu memberikan petunjuk untuk mencapai kesempurnaan sejati.
  4. Maharsi Atri adalah penerima wahyu Rgveda Mandala V. Maharsi Atri banyak disebut dalam Matsya Purana baik dalam nama keluarga maupun pribadi.
  5. Maharsi Bharadvaja adalah penerima mantra-mantra dari Mandala VI.
  6. Maharsi Vasistha adalah penerima wahyu Rgveda mantra-mantra Mandala VII. Di dalam kitab Matsya Purana dinyatakan Rsi Vasistha mengawini Arundhati saudara perempuan Rsi Narada, lahir seorang putra bernama Sakti. Setelah Sakti menjadi Rsi ia juga terkenal sebagai penerima wahyu.
  7. Maharsi Kanva adalah penerima wahyu Rgveda Mandala VIII, atau merupakan wahyu yang diterima oleh keluarga Sakuntala.

Adapun Mandala IX dan X Rgveda merupakan kumpulan wahyu yang diterima oleh beberapa Maharsi. Mandala X merupakan Mandala terlengkap yang memuat pokok-pokok ajaran agama Hindu. Wahyu-wahyu yang diterima tersebut tersebar dalam berbagai sakha atau sampradaya atau asrama tempat pembelajaran Veda. Maharsi Vyasa diyakini sebagai Maharsi yang menghimpun mantra-mantra Veda yang tersebar tersebut dengan dibantu oleh Sumantu, Jaimini, Pulaha atau Paila dan Vaisampayana. Penemuan tulisan Sanskerta oleh Rsi Panini membuat Veda semakin populer dan tersebar.

Sumber lengkap buku Kebangkitan Hindu oleh Sargede. (RANBB)



0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?
Bagaimana jika ada sebuah #software yang bisa membuat #robot secara instant dan menghasilkan uang untuk Anda

Berita Terkait Semangat Hindu