OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Senin, 04 November 2013

Hindu Membangun Kerukunan Universal

Umat Hindu Bali yang berdomisili di luar Pulau Bali, hidup berkelompok dalam satu komunitas Hindu selalu berkeinginan untuk membangun kerukunan hidup, baik dengan umat Hindu daerah setempat maupun dengan umat agama lain, seperti umat Islam, Nasrani, Budha maupun dengan aliran kepercayaan yang lain. Landasan utama dari umat Hindu adalah Panca Sradha, Lima Keyakinan Umat Hindu. Inilah hal utama yang selalu melandasi gerak-gerik umat Hindu dimanapun berada. Panca Sradha telah menjadi dasar yang kokoh bagi umat Hindu didalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Dalam hal Keyakinan kepada Tuhan, Percaya Kepada Brahman salah satu dari Panca Sradha itu, umat Hindu membangun tempat suci yang disebut Pura Kahyangan Jagat. Untuk di Bali terdapat beberapa Pura Kahyangan Jagat yaitu Pura Besakih, Pura Lempuyang Luhur, Pura Andakasa, Pura Goa Lawah, Pura Luhur Uluwatu, Pura Luhur Batu Karu, Pura Puncak Mangu, Pura Batur, dan Pura Pusering Jagat.

Sedangkan umat Hindu di luar Bali telah memiliki tempat suci Pura Kahyangan Jagat pada setiap kota propinsi, bahkan ada yang memiliki lebih dari satu. Tidak hanya di kota propinsi, namun juga hingga ke kota madya ataupun kabupaten. Ini tergantung dari jumlah umat yang ada didaerah tersebut.

Di Pura Kahyangan Jagat inilah umat Hindu membangun kerukunan universal. Kerukunan universal adalah kerukunan dengan tidak membeda-bedakan asal-usul keturunan, asal desa, perbedaan jenis profesi, perbedaan warna (catur warna) dan lain sebagainya. Demikian pula untuk di Bali. Leluhur kita telah membangun tempat, tempat yang suci untuk kita semua, untuk umat Hindu agar terjalin kerukunan antar umat, antar golongan, antar jabatan dan masyarakat luas.

Memang tidak mudah membangun kerukunan universal, namun inilah tugas umat Hindu, umat yang berada di jalan Kebajikan, Jalan Dharma. Berbahagialah selalu, bersemangatlah selalu umat Hindu dimanapun berdomisili dalam membangun kerukunan universal ini. (RANBB)



0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?
Bagaimana jika ada sebuah #software yang bisa membuat #robot secara instant dan menghasilkan uang untuk Anda

Berita Terkait Semangat Hindu