OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Rabu, 20 November 2013

Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis Kabupaten Nganjuk

Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis Kabupaten Nganjuk merupakan Pura tertua di Pulau Jawa ini, terletak di lereng Gunung Wilis Dusun Cukrik Desa Bajulan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk Jawa Timur. Piodalan Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis jatuh pada Purnama ke Lima.
Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis
 Foto Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis dikirim oleh ponakan (Fua) yang kuliah di ITS Surabaya.

Dalam setiap kegiatan keumatan ataupun kehidupan bermasyarakat umat Hindu selalu kompak, bersatu padu serta penuh ketulus-ikhlasan dalam berkegiatan. Umat Hindu yang tangkil (datang untuk bersembahyang) saat piodalan selain dari Nganjuk Jawa Timur, juga dari Surabaya, Jakarta, Bali, Kediri dan lain sebagainya. Ini menunjukkan bahwasanya umat Hindu sangat bersatu dan penuh rasa cinta bhakti kepada Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa.

Tirtayatra Mahasiswa
 Foto Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis dikirim oleh ponakan (Fua) yang kuliah di ITS Surabaya.

Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis ini sering pula dikunjungi umat Hindu dari seluruh nusantara walaupun bukan pada saat pujawali. Kegiatan ini disebut dengan Tirtayatra, yaitu mengunjungi dan ngaturang bakti pada tempat-tempat suci yang dikunjungi, selain mengenal secara dekat juga untuk meningkatkan Sradha dan Bhakti kita kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa.

Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis (ada yang menulis dengan kata Buana) merupakan Pura Penyawangan dari Candi Sapto Argo yang berada di puncak Gunung Wilis. Candi Sapto Argo yang dipuncak Gunung Wilis dipercaya sebagai tempat pemujaan Dewa Wisnu, Dewi Sri dan leluhur. Disekitar Candi Sapto Argo terdapat situs-situs, dilereng Gunung Wilis terdapat tempat-tempat pertapaan, serta goa besar sebagai tempat bersamadhi. Kawasan Candi Sapto Argo memiliki lima Mandala, dan Candi Sapto Argo terletak di tengah-tengah Mandala tersebut. Pajenengan yang ditemukan di areal Candi Sapto Argo saat ini disimpan dan dirawat sebagai Pajenengan Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis, yaitu berupa Genta berhulu Triwikrama, Lonceng berhulu Narasingha dan Pasepan yang berukiran empat dewa-dewa.

Dari berbagai sumber. (RANBB)


0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?
Bagaimana jika ada sebuah #software yang bisa membuat #robot secara instant dan menghasilkan uang untuk Anda

Berita Terkait Semangat Hindu