OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Senin, 20 Januari 2014

Mahanarayana Upanisad

Mahanarayana Upanisad; Krsna Yayurveda: 80 bagian; 259 mantra.


Taiitiriya Aranyaka dari Krsna Yayurveda mengandung dua Upanisad yang terkenal: Taiitiriya Upanisad dan Mahanarayana Upanisad. Yang kedua juga dikenal sebagai Narayana Upanisad dan Yajniki Upanisad. Dua hal revisi atas teks tersedia sekarang: Andrapatha dan Dravipatha, yang pertama sudah tidak ada lagi.

Upanisad ini tempaknya merupakan komposisi dari berbagai macam subyek, hampir seperti appendix atau tambahan terhadap beberapa karya lain. Tidak ada perlakuan sistematis terhadap doktrin-doktrin utama. Setiap bagian tampak seperti unit yang berdiri sendiri. Dia membahas seluruh tiga aspek dari agama Veda yaitu; Karma (ritual), Jnana (pengetahuan) dan Upasana (meditasi).

Beberapa sukta Veda yang paling populer yang dijapakan sampai sekarang selama upacara sandhya, sampai sekarang selama upacara keagamaan - seperti Narayanasukta, Durgasukta dan Medhasukta - menemukan tempatnya di sini.
Mantra-mantra biasanya digunakan selama upacara sandhya, mantra-mantra digunakan selama samnyasasadiksa (mau masuk pertapaan). Beberapa kidung Gayatri atas berbagai Dewa berbeda dan beberapa mantra terkenal seperti Trisuparnamantra juga menemukan tempat penting.

Berbagai aspek dari kehidupan spiritual seperti Satya (kebenaran), Tapa (asketik), Dama (pengendalian indria), Dana (memberi hadiah), Dharma (kehidupan yang benar) dan Sama (kedamaian mental) diberikan penekanan yang besar.
Penjelasan indah tentang Pribadi Kosmik di dalam bulatan matahari, kontemplasi atas berbagai bagian Yajna atau pengorbanan dalam satu jalan simbolik dan perjalanan ke Brahmaloka juga dimasukkan di antara topik-topik yang dibahas dalam Upanisad ini.
Sumber bacaan buku Upanisad Himalaya Jiwa Intisari Upanisad oleh Juan Mascaro & Swami Harshananda. (RANBB)

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?
Bagaimana jika ada sebuah #software yang bisa membuat #robot secara instant dan menghasilkan uang untuk Anda

Berita Terkait Semangat Hindu