OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Selasa, 14 Januari 2014

Prasna Upanisad

Prasna Upanisad : Atharvaveda; 6 bagian, 67 mantra.


Karena Upanisad ini dalam bentuk prasna atau pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawabannya, ia lalu dinamai Prasnopanisad.
Enam maharsi seperti Kabandhi Katyayana, Bhargava Vaidharbi dan lain-lain, datang ke guru besar Pippalada dengan pertanyaan-pertanyaan mereka. Setelah mereka menjalani disiplin sebagai sisya selama satu tahun - sesuai dengan perintahnya - mereka mendekatinya kembali dengan enam pertanyaan. Jawaban-jawaban yang diberikan oleh Pippalada membentuk sosok dari karya ini.
Bagian pertama membahas subyek : Apakah asal-usul semua ada (being, bisa diartikan semesta dengan segala isinya) ? Pippalada menjelaskan ini sebagai Prajapati (Tuhan, sebagai penguasa dari seluruh ada), yang menciptakan semesta melalui kombinasi rayi (Soma atau Jiwa). Di sana juga disebutkan dua jalan; Uttarayana (Jalan Utara) dan Daksinayana (Jalan Selatan). Baca Kapan Jiwa Masuk Ke Dalam Badan Bayi.

Bagian kedua menjelaskan Mukhyaprana (daya atau kekuatan hitup utama) sebagai satu-satunya penunjang badan dan organ-organ indria.
Bagian ketiga mengatakan bahwa Mukhyaprana ini mencul dari Paramapurusa atau Pribadi Kosmik (Tuhan). Dia bekerja di dalam tubuh ini dalam lima bentuk. Pada saat kematian, udanavayu (salah satu dari bentuk Mukhyaprana) membawa jiwa melalui salah satu nadi (satu jalan berbentuk pipa untuk aliran energi prana) dimulai dari hati, ke sorga atau neraka, atau kembali ke dunia manusia ini, tergantung dari karmanya.

Bagian keempat memberikan metode pranava (Om) dan hasil yang diperoleh dari padanya. Meditasi tertinggi membimbing kepada perolehan Brahmaloka.
Bagian terakhir, keenam, berkaitan dengan Sodasaka-lapurusa, 'pribadi dengan enam belas bagian.' Dia adalah Jivatman. Ketika apa yang disebut bagian-bagian itu dihancurkan, Jivatman menjadi abadi.
Sumber Upanisad Himalaya Jiwa Intisari Upanisad oleh Juan Mascaro & Swami Harshananda. Apa itu Upanisad ? Baca disini. (RANBB)

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?
Bagaimana jika ada sebuah #software yang bisa membuat #robot secara instant dan menghasilkan uang untuk Anda

Berita Terkait Semangat Hindu