OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Rabu, 08 Januari 2014

Vajrasucika Upanisad : Samaveda; 9 Mantra


UPANISAD mengandung sari pati dari agama dan filosofi Veda. Sad Darsana aatau enam sistem filsafat India memperoleh kekuatan dan inspirasi dari mereka. Sistem Vedanta sepenuhnya merupakan hasil dari studi atasnya. Ide tentang Moksa sebagai tujuan utama dari hidup, yang telah menyusupi agama dan budaya India selama berabad-abad, sumber atau asalnya di dalam Upanisad. Dan, mereka adalah dasar dari Prastanayatra (tiga pustaka suci dasar), dua yang lain adalah Bhagavadgita dan Brahmasutra.

Kedalaman dan universalitas dari pikirannya telah menarik perhatian para filsuf dari agama-agama lain dan juga masyarakat lain, yang menyebabkan Upanisad diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa lain.
Studi sungguh-sungguh tanpa prasangka atas Upanisad, pasti akan memberi inspirasi terhadap seseorang untuk menginginkan kehidupan spiritual.

Vajrasucika Upanisad, Samaveda; 9 Mantra ini adalah Upanisad kecil dalam bentuk prosa. Ia mengajukan pertanyaan, "Siapakah yang disebut seorang Brahmana? dan menjawabnya.
Badan, jiwa individu, lahir, pengetahuan, kerja, kewajiban-kewajiban agama - tidak satupun dari padanya membuat seseorang menjadi Brahmana. Adalah karakter yang membuat seorang menjadi Brahmana sejati.
Seseorang yang telah merealisasikan sang Diri, yang satu tanpa yang kedua, yang karena itu bebas dari kesalahan dan cacat, adalah seorang Brahmana sejati. Kedamaian pikiran, ketiadaan nafsu, iri hati dan tipuan (delusi), dan juga (ketiadaan) egotisme (mementingkan diri sendiri), adalah sifat-sifatnya.
Teks ini ditutup dengan perintah bagi seseorang dan semua untuk menjadi seorang Brahmana sejati dengan merealisasikan Brahman. 
Sumber buku Upanisad Himalaya Jiwa Intisari Upanisad oleh Juan Mascaro & Swami Harshananda.(RANBB)

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?
Bagaimana jika ada sebuah #software yang bisa membuat #robot secara instant dan menghasilkan uang untuk Anda

Berita Terkait Semangat Hindu