OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Senin, 12 Agustus 2013

Istilah Kebangkitan Hindu Membahayakan ?

hindu banten
Mundakopanisad
Semangat Hindu. Istilah Kebangkitan Hindu bagi saya sebagai orang Hindu sangat memberikan semangat, namun dilain pihak menyebabkan "kegerahan". Kebangkitan Hindu banyak dimaknai sebagai Hindunisasi masyarakat kita, atau meng-Hindu-kan umat yang ada atau mungkin ada yang lebih keras mengartikan pembalasan Hindu. Marilah berfikir jernih.

Banyak pihak dengan banyak penilaian tentunya menyebabkan arti Kebangkitan Hindu sangat beraneka ragam, bisa menyebabkan kemajuan dan bisa pula menyebabkan ketakutan apabila salah dalam mengartikan Kebangkitan Hindu. Apakah Hindu itu selama ini tertidur sehingga perlu dibangkitkan ? Lalu siapakah yang berhak memberikan penjelasan dan pemberian makna yang tepat untuk istilah Kebangkitan Hindu ?


Dari beberapa buku-buku tentang Hindu dewasa ini, menurut saya istilah Kebangkitan Hindu lebih bersifat intern umat Hindu, sama sekali tidak ada hubungannya dengan umat lain (ekstern umat). Kebangkitan Hindu sebagai instrospeksi umat  dalam beragama Hindu, karena diskusi umat tentang agama Hindu dan ajaran-ajarannya sangat terbuka. Diskusi tentang Weda sebagai sumber dari segala sumber ajaran Hindu sangat terbuka. Weda memberikan kesempatan yang sama pada setiap umat Hindu untuk mencari kebenaran yang hakiki dari ajaran Weda. Baik dari Tattwa yang ada dalam Weda yang harus semakin dipahami oleh umat Hindu. Penguasaan dan pendalaman Susila yang diajarkan Weda untuk kehidupan modern ini, atapun tentang Upakara (Yadnya) yang harus diperdalam pemahamannya oleh umat Hindu. inilah inti Kebangkitan Hindu. Weda bukan doktrin yang menutup semua lubang diskusi dan nalar manusia dalam mencari kebahagiaan. Mungkin banyak yang tidak dapat berdiskusi dengan terbuka karena ajarannya sudah berupa doktrin, sehingga "menyebrang" untuk menyalurkan bakat diskusinya.

Kebangkitan Hindu bersifat intern saja, meningkatkan pemahaman umat akan agama yang dianutnya. Ajaran suci yang pertama ada dimuka bumi ini, dapat diyakini dari buku-buku filsafat Hindu karya para ilmuwan, cendikiawan dan filsof-filsof dunia. Umat Hindu harus bangkit dan memahami ajaran-ajaran Hindu nya melalui membaca dan berdiskusi. Metode ceramah (seperti jaman dulu yang belum ada buku, kita hanya bisa mendengarkan dan mendengarkan, seberapa besar yang dapat kita pahami dari mendengar dan menderngar itu). saatnya Hindu bangkit dengan banyak membaca , metode yang sangat baik dalam memahami ajaran agama kita. Jaman telah berubah, metodepun sudah saatnya berubah. Dahulu sang Guru duduk dan memberikan ceramah sementara sang murid duduk mendengarkan. Jaman ada kesenian seperti wayang, drama, umat mendapatkan ajaran dengan menonton dan mendengarkan wejangan sang panutan yang berasal dari ajaran-ajaran Weda. Jaman kembali berganti dengan terbitnya buku-buku agama, saatnya metode mendengarkan dengan duduk manis harus diseimbangkan dengan membaca buku-buku agama Hindu.
Inilah Kebangkitan Hindu sebenarnya,kebangkitan akan pemahaman ajaran Hindu melalui membaca bukan mendengarkan dongeng, legenda ataupun mendengarkan ceramah terus menerus.  Nanusia bukan mahluk super dan tak terbatas, manusia butuh pendamping mahluk lain sehingga disebut mahluk sosial, manusia butuh tantangan agar hormon adrenalin diproduksi sehingga membentuk kekebalan mental.

Untuk umat Hindu, mari bangkitkan agama Hindu melalui pemahaman yang mendalam ajaran-ajaran suci Weda dalam kehidupan sehari-hari, dari 4 jalan yang telah dibukakan-Nya, Bhakti, Karma, Jnana dan Yoga Marga, marilah tekuni salah satunya agar kita dapat menemukan spiritualitas dan mencapai moksha.
inilah opini saya tentang Kebangkitan Hindu, bagaimana dengan Anda.

(RANBB)

1 komentar:

  1. om swastiastu..
    luar biasa...kebangkitan hindu bisa di asumsikan negatif ato positif, semua orang berhak untuk menilainya...bukan dgn judul kebangkitan hindu membahayakan..saatnya menyadari dan memperdlm hindu terutama utk diri sendiri dan orang laen mrnjadi hindu yg sejati. saatnya dharma di tegakkan serta saatnya hindu harus berani berkata Saya Hindu....

    BalasHapus

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Berita Terkait Semangat Hindu



Artikel Agama Hindu

108 Mutiara Veda Agama Hindu Dharma agama islam Ajaran Hindu Arya Wedakarna Atharvaveda Balipost Belajar dari Sejarah Bhagavadgita Bhagawan Wiyasa Brahmana Cendekiawan Hindu Dharma Doa Anak Hindu Doa Melayat Orang Meninggal Dunia Doa Mengheningkan Cipta Doa Mengujungi Orang Sakit Doa Mohon Ketengangan dalam Keluarga Durga Puja Evolusi Melalui Reinkarnasi & Karma Eyang Roro Anteng Ganesha Chaturthi Gayatri Mantram Hari Raya Galungan Hari Raya Nyepi Hari Raya Saraswati Hindu Agama Terbesar di Dunia Hindu Bali Hindu Banten Hindu Batam Hindu Bogor Hindu Ciledug Hindu Festival Hindu German Hindu India Hindu Jakarta Hindu Jawa Hindu Jawa Barat Hindu Jawa Tengah Hindu Jawa Timur Hindu Jogjakarta Hindu Kaharingan Hindu Kalimantan Hindu Klaten Hindu Kresna Hindu Malang Hindu Maluku Hindu Nepal Hindu Palembang Hindu Papua Hindu Pekanbaru Hindu Pematangsiantar Hindu Sulawesi Hindu Sulawesi Tengah Hindu Tengger Hinduism Facts Hinduism the Greatest Religion in the Word Hukum Karma Ida Pedanda Gede Made Gunung Implikasi Keyakinan Atas Prilaku Joko Seger Juan Mascaro Kasada Kebangkitan Hindu Kemenag ki nirdon Kitab Suci Veda Kuil Mariaman lontar Mahabharata Ramayana Mantra Meditasi Matahari Terbit Moksha Motivasi Hindu Mpu Jayaprema Mundakopanisad nakbalibelog Nirukta pandita Pasraman Pitra Yadnya Ngaben Principle Beliefs of Hinduism Pujawali Pujawali Pura Hindu Pura Agung Blambangan Pura Agung Raksa Buana Pura Dharma Sidhi Pura Giri Kusuma Pura Kerta Buana Giri Wilis Pura Mandara Giri Semeru Agung Pura Sangga Buwana Hamburg renungan suci Rgveda Rig Weda sad guru Samaveda Semangat Hindu Swami Harshananda Swami Vivekananda Tanya Jawab Hindu Tirtayatra Tuhan Krishna tutur Upanisad Upanisad Himalaya Jiwa Vasudhaiva Kutumbakam Veda Veda Sabda Suci wija kasawur