OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Selasa, 16 Juli 2013

Arca Durga Mahisa Assura Mardini

Batuan Candi Sidomulyo Teridentifikasi Sebagai Candi Hindu Abad ke-8
Umat Hindu Indonesia. Batuan candi yang ditemukan di sekitar Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Sidomulyo Ungaran berdasarkan kajian tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah teridentifikasi sebagai Candi Hindu dan diperkirakan dibuat sekitar abad ke-8.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Disporabudpar Partono, Senin (15/7). Menurutnya, secara resmi surat berisi laporan kajian dari BPCB sudah diterima pada 4 Juli 2013 lalu.

"Laporan BPCB di antaranya menyebutkan adanya budaya di lokasi temuan, ini dibuktikan dengan ditemukannya lapisan budaya masa lalu. Selain itu, kajian kemarin juga diperkuat dengan ditemukannya arca Durga Mahisa Assura Mardini (dewi dalam agama hindu-red)," kata Partono, didampingi Kasi Kesejarahan Museum dan Purbakala Disporabudpar Kabupaten Semarang, Etty Dwi Lestari.

Untuk mendirikan kembali, lanjutnya, paling tidak dibutuhkan sekitar 80 persen komponen temuan. Adapun sisanya, bisa menggunakan batu buatan baru. Agar tidak salah, diperlukan semacam penandaan batu yang asli dan batuan baru.

"Jika dilihat dari umur, keberadaan batuan candi Sidomulyo sama dengan Candi Ngempon. Namun kami belum bisa memaparkan bila dikaitkan dengan Candi Gedongsongo, pasalnya harus dilakukan kajian susulan untuk membuktikannya," paparnya.

BPCB Jawa Tengah juga meminta Disporabudpar Kabupaten Semarang untuk menjamin keamanan batu candi yang sudah ditemukan sesuai Undang-undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang cagar budaya. Termasuk menghimbau pihak pengembang perumahan Astina Residen untuk menghentikan semua aktivitas pembangunan.

"Kesadaran pemilik lahan untuk menghentikan aktivitas di lokasi temuan sudah ada, tinggal menunggu konfirmasi dari BPCB saja terkait anggaran untuk proses ekskavasi candi," tukasnya.

sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/07/15/164644/Batuan-Candi-Sidomulyo-Teridentifikasi-Sebagai-Candi-Hindu-Abad-ke-8

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?
Bagaimana jika ada sebuah #software yang bisa membuat #robot secara instant dan menghasilkan uang untuk Anda

Berita Terkait Semangat Hindu