OM. SA, BA, TA, A, I, NA, MA, SI, WA, YA, AM, UM, OM

PRAKATA

Selamat Datang

Semangat Hindu merupakan blog bersama umat Hindu untuk berbagi berita Hindu dan cerita singkat. Informasi kegiatan umat Hindu ini akan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.
Semangat Hindu semangat kita bersama.

Bersama Semangat Hindu kita berbagi berita dan cerita, info kegiatan, bakti sosial dan kepedulian, serta kegiatan keagamaan seperti ; pujawali, Kasadha, Kaharingan, Nyepi, Upacara Tiwah, Ngaben, Vijaya Dhasami dan lain sebagainya.

Marilah Berbagi Berita, Cerita, Informasi, Artikel Singkat. Bagi yang mempunyai Web/Blog, dengan tautan URL maka dapat meningkatkan SEO Web/ blog Anda.

Terima Kasih
Admin

RANBB

---#### Mohon Klik Share untuk mendukung blog ini ####---

Rabu, 10 Juli 2013

Pakanan Patahu Hindu Kaharingan

UPACARA PAKANAN PATAHU. Bagi umat Hindu Kaharingan Keselarasan kehidupan sangat dibutuhkan demi kelangsungan hidup, keselarasan itu dapat berupa keselarasan hubungan dengan Tuhan, sesama manusia dan alam lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu umat Kaharingan selalu memperhatian hubungan harmonis itu baik dengan Tuhan, sesama manusia bahkan dengan alam sekitar.

Dalam meyelaraskan hubungan yang harmonis antara umat Hindu Kaharingan dengan alam sekitarnya umat Hindu Kaharingan selalu melaksanakan upacara Pakanan Patahu yaitu ritual yang bertujuan kepada Patahu Lewu atau Patahu Keluarga yang selalu membantu dan meyertai umat Hindu Kaharingan pada kehidupan sehari-hari dilingkungan tempat mereka tinggal.

Upacara Pakanan Patahu ini dilaksanakan setiap setahun sekali umumnya setelah habis panen. Pelaksanaan ini tidak hanya terfokus pada umat Hindu Kaharingan saja tetapi semua umat dan lapisan masyarakat yang mendiami wilayah/kampung mereka.

Menurut kepercayaan umat Hindu Kaharingan bahwa pelaksanaan upacara Pakanan Patahu adalah sebagai sarana untuk menghubungkan diri atau melaksanakan komunikasi dengan roh-roh penjaga alam sekitar, hal tersebut dilakukan dan dilaksanakan sebagai ungkapan syukur dan hormat terhadap para Penjaga Lewu, yang wajib dilaksanakan oleh umat Hindu Kaharingan untuk menjaga keharmonisan hubungan alam sekitar dengan kehidupan umat Hindu Kaharingan dimana mereka berada .

Upacara ini juga sebagai sarana komunikasi atau melakukan hubungan dengan roh-roh penjaga lewu beserta manifestasi Ranying Hatalla dengan tujuan adalah memohon perlindungan, keselamatan, dan kedamaian bagi kelangsungan umat Hindu Kaharingan.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kesucian dan menetralisasikan suatu wilayah yang dianggap suci dan keramat untuk selalu dijaga dan dilestarikan melalui pelaksanaan upacara Pakanan Patahu.

Menciptakan hubungan yang harmonis antara sesama umat dengan umat yang lain dengan pelaksanaan upacara Pakakan Patahu karena dapat dilaksanakan secara bersama-sama.

Dengan demikian pentingnya dilaksanakan upacara Pakanan Patahu adalah sebagai pengamalan nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan terhadap Ranying Hatalla beserta manifestasinya oleh umat Hindu Kaharingan, melalui sistem simbolisasi, yang terkait dengan sistem ritual mereka.

sumber : http://rid755.wordpress.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan kesan yang telah disampaikan

Cari Artikel di Blog ini

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?

Cari Uang Dengan Robot ? Apa Mungkin ?
Bagaimana jika ada sebuah #software yang bisa membuat #robot secara instant dan menghasilkan uang untuk Anda

Berita Terkait Semangat Hindu